Kamis, 24 Mei 2012

SATU :: Makhluk Ghaib


“Hei, jangan buang sampah sembarangan di tempat ini ! Nanti ‘penunggunya’ marah!”

“Hei, jangan suka ngomong sembarangan! Nanti Nyai di sini marah!”

Sering kah anda mendengar kata-kata yang demikian ? Kalimat mencegah yang menggunakan ‘penunggu’ ini dan itu.

Masyarakat timur lebih condong berfikir simpel, misterius, dan polos. Dan yang dilakukan oleh para tetua atau pemimpin kelompoknya yang cerdas, untuk memberikan pendidikan kepada mereka adalah, mengikuti pola fikir mereka.

Mereka menciptakan imej atau karakter tertentu. seperti Nyi Roro Kidul, Ratu penguasa pantai selatan pulau Jawa. Terlepas dari eksis atau tidaknya sosok itu, para cendekiawan menggunakan atau mungkin menciptakan karakter seperti itu untuk mendidik masyarakat.

Contoh; Jangan merusak laut, nanti Nyi Roro Kidul bisa mengamuk dan murka!

Peringatan diatas ternyata lebih efektif untuk mendidik masyarakat kita yang cara berfikirnya kebanyakan masih sederhana, daripada menggunakan cara ini; Jangan merusak laut! Kalian akan merusak ekosistem dan sumber daya alam yang bernilai tinggi. Menghancurkan terumbu karang dapat mengakibatkan ikan-ikan kesulitan mencari tempat bernaung dan mencari makan, sehingga hasil tangkapan ikan para nelayan berkurang karena ikan telah banyak meninggalkan kawasan laut bagian ini.

Dan, benarkah sosok seperti Nyi Roro Kidul itu ada ?

Saya tidak bisa bilang iya, atau pun tidak. Kenapa ? Karena ini terlalu ghaib dan diluar jangkauan manusia, sebenarnya.

Katanya ada yang pernah bertemu dengan Nyi Roro Kidul!

Mungkin saja iya. Tetapi, bisa saja itu jin ataupun syeitan yang menyerupai Nyi Roro Kidul, dan mengaku-aku kalau dialah sosok itu. Orang yang (katanya) bertemu dengan sosok itu, tidak bisa membuktikan apakah sosok itu benar-benar dia atau hanya jin biasa.

Menurut salah satu spiritualis, ia berkomentar mengenai sosok itu seperti ini :

Sosok Nyi Roro Kidul itu adalah semacam imej atau karakter yang di ciptakan oleh orang-orang tua dulu, yang tergolong cendekiawan untuk di gunakan sebagai sarana pendidikan. Karena, masyarakat kita itu lebih patuh dan takut dengan hal-hal yang bersifat misterius seperti itu. saya bisa merasakan, tetapi tidak bisa memastikan apakah ia memang ada atau hanya penyerupaan jin.
--------------
Sedang saya sendiri berfikir seperti ini; ketika anda berusaha untuk mendidik anak anda, anda akan menciptakan sebuah karakter atau imej yang ditakuti oleh anak tersebut. Seperti, “kalau kamu nakal dan suka mencuri, kamu akan di bawa pergi oleh momok kedalam hutan!”

Lantas anak anda bertanya, “Momok itu apa, Yah ?”

Jawaban anda tentu haruslah kuat sehingga anak anda jadi benar-benar takut untuk berbuat demikian. Maka anda pun menjawab dengan mendeskripsikan wujud momok itu seperti apa; “Momok itu matanya merah, taringnya panjang, badannya besar, dan suka makan daging anak-anak yang nakal!”

Mendengar jawaban itu, anak anda tersugesti untuk tidak berbuat apa yang anda larang karena takut dengan sosok momok tadi.

Jadi, pada hakikatnya momok itu bukanlah wujud nyata, melainkan rekayasa anda untuk pendidikan.
Namun, celakanya deskripsi makhluk momok yang anda sebutkan itu tercuri-dengar oleh jin. Lalu sang jin pun berfikir; “ah! Bagaimana kalau aku menyerupai seperti momok itu!? untuk menakut-nakuti manusia dan menyesatkan iman mereka.”

Dan akhirnya, sosok momok pun yang pada awalnya tidak ada, menjadi ada karena adanya sesosok jin yang menyerupai momok untuk menipu anda.

Demikian juga mungkin yang terjadi dengan Nyi Roro Kidul. Pada awalnya ia hanya sebuah karakter tidak nyata. Namun beberapa Jin mendengar cerita itu, dan berupaya membuatnya jadi nyata dengan menyamar atau berpura-pura wujud seperti itu.

Jika seandainya sosok itu pun ada; itu bisa jadi. Karena setiap Jin itu memiliki nama seperti layaknya manusia. Mungkin saja sejak lahir ia diberi nama Roro Kidul oleh orang tuanya. Atau bisa jadi ia memang anak seorang Raja, sehingga ketika Roro Kidul dewasa, ia mewarisi kerajaan itu dan jadi Ratu. Karena sekali lagi, jin juga punya peradaban seperti manusia.

Namun, apakah setiap orang yang pernah bertemu dengan ia itu benar-benar melihat sosok Nyi Roro Kidul yang sebenarnya ?

Belum tentu!

Bisa saja yang mereka lihat itu jin yang mengaku kalau ia adalah Nyi Roro Kidul, padahal bukan. Hanya meniru wujud dan mencatut namanya saja. Atau jika anda beruntung, dia memang Nyi Roro Kidul yang asli.
Namun tetap saja; mereka itu makhluk ghaib. Apa yang kita mengerti dan pahami tentang mereka tidak lah banyak. Kecuali sedikit saja petunjuk di dalam Al-Qur’an, hadits, dan kitab-kitab kuning lainnya yang membahas mengenai mereka. jadi, jangan terlalu cepat percaya dengan omongan jin atau makhluk ghaib. Karena kita tidak melihat mereka, dan mereka juga sama seperti kita; ada yang suka berbohong dan menipu!

Jadi, sebisa mungkin hindarilah konfrontasi dengan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar