Jumat, 18 Mei 2012

KEMENYAN & JIN



Ini penjelasan singkat yang saya tulis tergesa-gesa tadi malam; demi pengetahuan yang meluruskan dan membentuk pola pikir yang shahih dan benar.


A. KEMENYAN

Tahukah kamu ? Pada zaman Ratu Saba, istrinya Rasulullah Sulaiman AS, kemenyan lebih berharga dan lebih mahal daripada emas! Kemenyan sendiri adalah wewangian, yang berasal dari pengolahan getah pohon-pohon tertentu. Dan cara menggunakannya adalah dengan di bakar bersama bara api. Dan asap yang dihasilkan dari pemanggangan tersebutlah yang akan memancarkan aroma khas tertentu.
Penggunaan kemenyan sebagai media perdukunan, juga ada dan digunakan oleh para pelaku mistik di Persia. Jadi tidak hanya di Indonesia, penggunaan kemenyan dengan cara nyeleneh juga digunakan di lain tempat.
Namun, masing-masing aroma kemenyan itu berbeda. Tergantung getah pohon apa yang digunakan. Dan menurut salah satu riwayat, dikatakan bahwa Rasulullah sangat menyukai buhur (kemenyan ; wewangian yang dipanggang). Karena memang, penggunaan kemenyan oleh beliau sebagai pewangi.
Aroma kemenyan Indonesia tentu berbeda dengan aroma kemenyan di Negara lain.
Kemenyan juga digunakan sebagai wewangian untuk jenazah saat di kafani. Dalam pengurusan jenazah menurut ajaran Islam, jenazah orang yang sudah meninggal itu dimandikan dengan air sabun, atau perasan daun bidara yang wangi. Kemudian ditaburi wewangian lain jika perlu untuk mengurangi bau tak sedap. Di kampong saya sendiri, selain menggunakan kapur barus, masih ada yang menggunakan kayu cendana yang di bakar terlebih dahulu kemudian jenazah di asapi agar wangi cendana meresap ke kain kafan si mayat.
Kemenyan pun demikian! Kemenyan di gunakan untuk wewangian bagi jenazah. Namun, aroma kemenyan hasil olahan Indonesia ini memiliki aroma kental yang mistis. Ini tidak mengada-ngada. Jika saya analogi, setiap benda yang ada dimuka bumi ini memancarkan aura dan pesona tersendiri. Misal, warna putih yang memancarkanketenangan. Orang yang selalu tersenyum pun ikut memancarkan ketenangan bagi orang-orang disekitarnya. Atau taman bunga melati, yang akan memancarkan aroma terapi yang menenangkan fikiran.
Kemenyan juga sama. Bau nya memancarkan aroma tertentu yang direspon otak ; kelam, mistis. Secara ilmiah ini wajar. Dan mengenai kemenyan yang katanya dipakai buat memanggil jin, bisa jadi benar, bisa jadi hanya kebetulan. Namun yang jelas, Jin juga punya cita rasa, dan selera. Bisa saja ia tertarik dengan bau kemenyan, dan menjadi bau favoritnya. Itu penjelasan secara rasionalnya.
Jika saya menjelaskan dari sudut pandang irasionalnya ; Jin memang memiliki keterikatan khusus dengan bau ini. Dimana bau kemenyan merupakan semacam sinyal pemanggil mereka.


B.      BENARKAH JIN ITU SESAKTI YANG DICERITAKAN ORANG KEBANYAKAN ?
Jawabannya bisa ya, dan bisa tidak. Jin itu sama seperti manusia. Ada yang bodoh, dan ada yang pintar. Ada yang kuat, dan ada pula yang lemah. Namun, walau jin adalah makhluk ghaib, mereka tidak mengetahui secara mutlak perkara kecuali hanya sedikit saja.
Ketika Rasulullah Sulaiman AS wafat, tidak ada seorang jin pun yang tahu. Sampai pada akhirnya tongkat yang menjadi tumpuannya lapuk karena dimakan rayap dan jatuhlah tubuh beliau. Melihat ambruknya jenazah Sulaiman yang selama ini berdiri dengan tongkatnya, dan yang selama ini mereka sangka masih hidup, ternyata barulah tahu kalau beliau sudah wafat. Mereka yang pada awalnya bekerja sambil ketakutan karena merasa terus diawasi, berteriak gembira dan berterbangan kemana-mana.
Nah, Nabi Sulaiman saja yang wafat di depan mata mereka saja, tidak mereka ketahui, apalagi yang lebih daripada itu!
Makanya, bodoh kalau saja ada orang yang mempertanyakan masalah “jodoh saya gimana Mbah ?”. Atau, “karir saya gimana Mbah ?”
Namun, kalau anda menanyakan, “Obat untuk penyakit anak saya, apa Mbah ?”, lalu jawaban yang anda terima, “daun ini.. dan ini..”, mungkin saja benar. Kenapa ?
Jin hidup dalam usia yang amat panjang. Ada yang 300 tahun, 1000 tahun, atau 50.000 tahun. Mereka telah mempelajari banyak hal, dan mempelajari banyak pengetahuan. Makanya jangan heran ada jin yang mampu berbahasa Jerman, Arab, Inggris, Melayu, atau Ibrani, atau menguasai 100 bahasa asing yang berbeda sekaligus. Karena mereka belajar lebih lama daripada kita.
Dan secar fisik, materi tubuh mereka yang halus (sebagai makhluk ghaib), memungkinkan mereka untuk menembus dan menyelam kedalam laut paling dalam, atau terbang menuju angkasa luar. Karena kemampuan ghaib sebagai sifatnya dan pengetahuan yang ia pelajari.
Mengenai kesaktian mereka, well; ketika Rasulullah Muhammad SAW melaksanakan Isra’ Mi’raj, saat sedang mengendarai buraq bersama malaikat Jibril AS, beliau di kejar oleh Jin Ifrit yang ingin membunuh beliau sambil membawa obor. Dengan obor itu, ia ingin membakar Rasulullah sampai mati. Bayangkan saya kecepatan buraq yang melebihi cahaya, masih bisa diikutinya walau tidak terkejar. Satu lompatan jin ifrit ini mampu melampaui seribu gunung. Inilah sekelumit tentang orang yang tidak percaya kesaktian jin itu ada.
Namun, tetap saja mereka tidaklah menguasai perkara ghaib seperti jodoh, karir, dan lain-lain. Bahkan, mereka tidak tahu benda apa yang ada di balik tembok seperti kita yang juga tidak tahu. Mata mereka tak tembus pandang. Atau mereka tidak mengetahui sedang apa anak anda di kota A, dan anda yang ada di kota B.
Walau sebagian ada yang bisa, seperti sebagian manusia yang bisa. Namun, itu bisa dilatih, yakni mind power seperti telepati, seperti mentalist Deddy Corbuzier. Contohnya seperti anak yang kembar. Mereka bisa saling tahu isi fikiran satu sama lain, dan berkomunikasi tanpa berbicara, hanya dengan kirim pesan melalui fikiran saja. Frekuensi otak mereka sama dan terkoneksi seperti kabel telpon. Dan, sekali lagi, ini bisa dilatih.
Kita sering terkecoh. Jin bisa mengetahui apa benda yang ada dibalik tembok ini. Sedang kita tidak bisa melihat karena terhalang tembok. Jin bisa saja menyelinap lalu melihat benda apa itu, dan kembali ketempat semula. Karena mereka melihat kita (sebagai makhluk ghaib), dan kita tidak melihat mereka (sebagai makhluk padat). Walau bisa saja mereka memang memiliki kemampuan tembus pandang karena pengetahuan yang mereka pelajari selama ratusan tahun.
Jika anda menanyakan perkara ghaib kepada mereka, mereka akan mencuri berita dari langit. Dan jika ada yang ketahuan, akan dikejar panah api sampai mati terbakar. Makanya, mereka bisa dan berani menjawab pertanyaan kita tersebut.
Ada lagi tipu dayanya, mereka memang tidak tahu sama sekali jawabannya. Missal ;
“Jin, anak saya ini akan lahir apa ? laki-laki apa perempuan ?”
Jika janin dalam kandungan istri sudah punya bentuk dan memasuki angka tujuh bulan, secara medis sudah bisa diintip dengan alat-alat kedokteran yang canggih walau tidak memastikan, maka jin bisa menerawangnya karena sifat ghaibnya mereka.
Tapi jika janinnya belum ada, masih hanya berbentuk gumpalan darah, maka si Jin punya trik lain. Ia akan menebak asal-asalan. Lalu di saat anak anda lahir dan tebakannya tepat, anda akan berterimakasih lalu memberikan sesembahan / qurban. Na’udzubillah!
Jika tebakannya salah, saat anak anda lahir, ia akan berkata, “Sesembahan mu kurang, makanya tak ku Kabul kan !”
Maka terjebaklah kita dalam situasi yang menggelikan sekaligus ngis!
Yaa Allah, lindungilah kami dari kejahatan dan tipu daya mereka!

6 komentar:

  1. yg sy dengar tentang menyan laut, jika ada api yg kt nyalakan dlm jarak 1 meter ato lebih mka api tsb akan menyambar ke kemenyan laut tsb,, apakh benar.?????
    jika benar brapa harganya.....?????

    BalasHapus
  2. ngomong ngomong masalah kemenyan dan jin, lebih kita main gitar chord caca handika bakar kemenyan

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya apa maksud kemenyan dan ketumbar di masukan dalam botol di bungkus di kubur dalam tanah itu pak .

    BalasHapus