Sabtu, 30 Maret 2013

MENJAGA SEKALIGUS MENINGKATKAN STAMINA SETIAP HARI


Kalau tidak bisa makan banyak, maka tidurlah lebih lama.

Stamina yang prima tidak mudah didapat, apalagi dengan cara alami. Ada banyak poin yang harus dimasukkan. Diantaranya adalah unsur makanan (pola, jumlah asupan, dan apa yang dimakan), jam istirahat dan kebiasaan sehat, serta olahraga yang rutin.

Banyak orang yang ingin segalanya serba instan. Apa-apa serba praktis. Padahal untuk mencapai kondisi fisik yang ideal atau bahkan mencapai tahap prima, ada banyak usaha dan disiplin yang diterapkan.


MAKANAN

Tidak semua orang bisa makan sesuai apa yang diinginkan. Namun kebutuhan itu bisa di akali. Terutama apa-apa yang dimakan. Anda bisa mengganti nasi dengan ubi atau roti gandum. Konsumsi buah-buahan variatif, dan sayur-sayuran yang variatif pula.

Biasanya, orang-orang cenderung merasa jika makan 4 sehat 5 sempurna, dengan jam makan yang teratur, dan jumlah asupan yang seimbang, mereka sudah punya kondisi yang bagus. Padahal memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh sebagai makanan itu hanya 1 dari 3 bagian penting.

Makanan yang masuk kedalam tubuh itu, ibarat bensin yang menjadi bahan bakar motor. Perumpamaannya ; jika sebuah mesin 250 cc itu dianggap sebagai tubuh yang sering berolahraga, dan mesin 100 cc itu dianggap sebagai tubuh yang jarang berolahraga, sama-sama di isi bensin berkualitas (makanan sehat dan segar) dalam jumlah yang sama, apakah kekuatannya juga sama ?

Tentu tidak! Mesin 250 cc akan melesat lebih kencang. Tahan lebih lama. Kuat menempuh perjalanan yang jauh. Tubuh yang sering berolahraga tentu akan melesat lebih kencang. Tahan lebih lama, dan mempunyai stamina yang lebih tangguh.

Jika bensin yang masuk ke dalam mesin 250 cc tadi adalah bensin dengan kualitas buruk, ada kotoran, dan banyak terdapat sampah, mesin tersebut memang akan tetap bisa berjalan. Tapi cepat pula untuk rusak.

Demikian juga dengan makanan. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan yang berkualitas buruk, lebih banyak kandungan berbahayanya, tubuh memang tetap bisa bekerja seperti biasa. Namun, saat batas maksimal tubuh yang menahan kerusakan itu mencapai batas, semua selesai.

Anda akan mendadak diserang penyakit kronis dan berbahaya. Tubuh mengalami penurunan kondisi fisik yang mencengangkan. Itu disebabkan oleh salah konsumsi tadi. Makanan itu memastikan dan membuat tubuh anda bekerja secara normal, dan mampu dipaksa ekstrim jika terpaksa. Makanan yang masuk membuat organ-organ tubuh anda melakukan tugasnya dengan baik.

Makanan yang berkualitas adalah sumber energi dan langkah pertama untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Anda harus punya bahan bakar jika ingin tubuh anda berjalan. Yakni bahan bakar berkualitas dalam jumlah lebih besar untuk perjalanan yang lebih lama.

Suplemen kimia dan minuman berenergi itu hanya memanipulasi syaraf saja (pada tulisan sebelumnya). Tidak mungkin tubuh mampu bekerja 100% tanpa adanya sumber energi. Tidak mungkin sebotol minuman berenergi yang hanya beberapa ratus miligram bernilai sama dengan sepiring nasi, sayuran segar, lauk yang berprotein tinggi, dan buah-buahan yang sehat.

Oke! Analoginya adalah ; tubuh yang mengkonsumsi suplemen atau minuman berenergi dalam dosis tinggi itu ibarat karet yang ditarik terus menerus. Lama-lama akan jadi melar. Semakin lama dikonsumsi, semakin melar. Semakin sering diminum, semakin tidak ampuh karena tubuh telah beradaptasi dengan zat tersebut.

Jika seandainya harus mengkonsumsi, mintalah petunjuk dokter dan jangan melebihi dosis. Biasanya takaran untuk suplemen dan minuman berenergi itu hanya sekian milligram. Jika melebihi batas itu, mereka malah menjadi racun dan membuat liver / hati anda bermasalah karena bekerja terlalu keras.


JAM ISTIRAHAT DAN KEBIASAAN SEHAT
Ini penting. Kurang tidur tidak hanya menghancurkan tubuh anda, melainkan juga menghancurkan semua apa yang sudah anda bangun. Pola makan dan diet ketat yang anda kerjakan akan buyar karena tidak pandainya anda menjaga waktu istirahat. 

Cara yang paling standar adalah tidur. Selain membiasakan diri untuk tidur 5-6 jam dimalam hari (minimal 4,5 – 4 jam), membuat anda memiliki cukup energi untuk bekerja. Ini yang paling sering diabaikan orang dengan kebiasaan begadang. Atur jam istirahat dengan baik. 

Siklus tidur yang teratur juga mempengaruhi aktivitas fisik anda. Jika tidak pandai mengatur jam tidur, saat orang-orang lain sedang ‘on fire’ anda malah lemas. Apagunanya punya bahan bakar melimpah tapi mesin sering cepat panas karena anda tidak bisa menjaga kondisi mesin ?

Apagunanya energi bertumpuk yang anda kumpulkan dari makanan berkualitas, jika tubuh anda tidak dirawat dengan baik ?

Tidur yang cukup membuat fisik anda pulih dari kelelahan, stress, tekanan, dan saat-saat tidur lah asupan nutrisi bisa tersalurkan dengan baik karena tidak terganggu oleh aktivitas fisik menguras tenaga lainnya. Otot-otot anda perlu istirahat, lambung butuh istirahat, ginjal dan pankreas serta liver anda juga butuh rehat sejenak.


OLAHRAGA YANG RUTIN
Apa gunanya bahan bakar yang berkualitas, tanpa mesin yang bagus ?

Anda punya cadangan energi yang berlimpah, tetapi tidak bisa meng-konversi nya ke dalam bentuk stamina yang baik tanpa adanya otot-otot dan nafas yang terlatih. Menthol atau daun mint hanya melegakan pernafasan anda, tetapi tidak bisa membuat anda menahan nafas berlama-lama.

Namun jika latihan menahan nafas ditambah konsumsi daun mint; anda memiliki kemampuan menahan nafas yang baik karena daun mint melegakan jalannya nafas yang anda tahan.

Dengan asupan makanan yang seimbang, anda bisa berlari sejauh 5 km. namun tanpa otot kaki yang baik, anda tidak akan mampu melakukannya meski punya cadangan energinya. artinya, tubuh yang memiliki kemampuan fisik rendah tidak akan mampu meng-konversi energi tadi dalam bentuk stamina dan daya tahan fisik karena keterbatasan tubuh.

Semakin rutin anda berolahraga, maka semakin baik kondisi fisik anda. Jika ditambah dengan makanan berkualitas dan jam istirahat yang baik, maka kondisi anda akan jauh lebih baik dibandingkan orang lain.

Jika bicara soal stamina, maka kita bicara soal daya tahan fisik. Faktor makanan dan istirahat memiliki persentase 20% dan 30%, sisanya yang 50% adalah latihan. Tentang stamina itu kompleks. Mulai dari otot, adaptasi kerja paru-paru dan jantung, serta tulang. Jadi untuk mendapatkan 50% sisanya, anda harus berolahraga dengan rutin.

Cobalah untuk jogging selama 30 menit 4 kali seminggu. Atau skipping/lompat tali. Anda juga bisa mencoba bersepeda dan renang. Ke empat olahraga ini secara umum melatih stamina atau daya tahan dan otot-otot dominan di tubuh. Membuat nafas terlatih, dan membuat jantung jadi terbiasa dalam tekanan.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TAMBAHAN!
Anda beraktivitas dari pagi hingga petang, namun tidak sarapan dan begadang malam tadi. Meski anda berolahraga dengan rutin, sebenarnya telah terjadi penghancuran fisik sejak beberapa jam sebelumnya.

Beberapa orang menyebutkan, kalau madu, kafein, dan zat-zat yang bisa didapat dari kopi dan teh dapat meningkatkan stamina. Memang benar, tapi tidak menjamin kalau tubuh anda mampu menggunakannya dengan optimal karena keterbatasan kemampuan paru-paru, otot, dan jantung. Jadi, tetap harus berolahraga ya!

3 komponen ini adalah poin penting untuk membangun stamina yang baik. Jika melewatkan satu atau mengabaikan beberapa diantaranya, sama saja dengan membuat tubuh anda remuk dan membiarkannya dalam kerusakan.

Untuk jenis-jenis olahraga yang meningkatkan stamina, silahkan lihat di tulisan-tulisan yang sebelumnya.  http://wardahart.blogspot.com/2013/03/latihan-fisik-untuk-menggenjot-stamina.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar