Sabtu, 23 Maret 2013

OLAHRAGA :: KEBUGARAN


Oke, di tulisan beberapa waktu yang lalu, saya menulis sedikit tentang apa itu olahraga kebugaran dan ciri-cirinya. Secara garis besar, olahraga kebugaran adalah olahraga yang melatih kemampuan fisik untuk tetap fit dan terus berada di garis standar yang ada. Ia bertujuan untuk membuat tubuh anda tidak mengalami penurunan kualitas fisik.

Sedangkan macam-macam olahraga apa saja yang termasuk dalam kategori olahraga kebugaran, diantaranya adalah ; jogging, skipping, swimming, cycling, dan olahraga ditempat lainnya seperti push up, sit up, pull up, scot jump, dll.

Ditulisan ini, saya akan menjelaskan sedikit lebih rinci dibandingkan tulisan sebelumnya, soal perlunya olahraga kebugaran sebagai dasar olahraga permainan dan olahraga latihan.

Olahraga kebugaran adalah kegiatan yang tidak terlalu komplesk. Ada perbedaan mutlak dimana anda berolahraga dengan satu setengah jam bermain futsal, dan olahraga setengah jam saja di ruangan sempit.

Olahraga permainan seperti sepakbola, badminton, dan beladiri adalah kumpulan hasil latihan kebugaran, pembentukan fisik, dan mengasah teknik yang di aplikasikan dalam satu waktu dan tempat. Ini melibatkan banyak hal dan banyak waktu. Olahraga seperti itu bersifat akumulatif.

Sepakbola, basket ball, volley ball, badminton, secara alamiah melatih daya tahan tubuh, stamina, otot kaki, paha, perut, kecepatan, dan reaksi serta koordinasi otot ke otak. Tanpa perlu jogging, renang, bersepeda atau lompat tali, anda tetap bisa mendapatkan kebugaran yang baik dengan bermain sepakbola.

Tetapi tetap saja, ini bukan olahraga yang membangun fisik anda dengan struktur yang baik atau menjaga tubuh anda tetap berada di atas garis standar, paling tidak sejajar standar. Tubuh cenderung mengadaptasikan kondisinya sesuai permainan atau kegiatan fisikal yang anda lakukan. Itu perlu waktu beberapa minggu untuk terbiasa.

Sedangkan dengan olahraga kebugaran, anda bisa memiliki kualitas fisik yang baik meski berolahraga hanya didalam ruangan sempit. Olahraga permainan itu berbicara soal teknis daripada memperbincangkan fisik.

Sekarang, apa mungkin seorang sprinter yang rutin jogging setiap hari sejauh 2 km, akan mengalami gangguan kondisi saat bermain sepakbola yang tidak teratur ?

Anda tetap bisa berlari kencang mengejar bola, menendangnya, menyundul, dan bertahan dengan stamina yang oke meski hanya bermain sepakbola sekali sebulan atau tidak teratur, selama anda rutin untuk jogging. Namun, saya meragukan orang-orang yang setiap hari bermain sepakbola, lalu vakum untuk 2 minggu, memiliki kemampuan berlari 2 km tanpa henti dengan baik.

Lihat ? ini hanya soal penguasaan dasar-dasar olahraga permainan ; yakni lini kebugaran, stamina, power, dan teknis.

Olahraga kebugaran adalah dasar dari semua olahraga permainan yang ada. Mengabaikan ini, sama seperti membuat diri anda tidak professional. Hampir semua olahraga permainan memiliki dasar berlari, melompat, mendorong, dan kontak fisik. Jadi, untuk tetap kuat lebih lama, dengan cara yang efisien dan murah, anda tidak perlu bermain sepakbola atau futsal terlalu sering. 

Tidak bermain beberapa hari hanya akan mempengaruhi sentuhan anda, bukan kemampuan keseluruhan. Oleh karena itu, pilihlah olahraga kebugaran yang menurut anda bisa anda kerja lebih dulu. Dengan demikian, anda akan punya dasar untuk bermain olahraga permainan dengan kondisi fisik yang berstandar.

Olahraga kebugaran akan membantu tubuh anda beradaptasi dengan perubahan aktifitas fisik. Masih ingat bukan ? Olahraga latihan adalah olahraga yang memasang beban latihan pada setiap sesi. Jika kemampuan dasar anda sebelumnya hanya mampu jogging 1 km, pada sesi olahraga latihan anda harus sedikit menaikkan standar menjadi 1,4 km.

Perlu diingat, untuk menjalani olahraga latihan, anda harus mengadaptasikan tubuh anda terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan olahraga kebugaran. Secara teknis pelaksaan, olahraga kebugaran tidaklah berbeda, hanya saja soal beban latihan yang membuat mereka berbeda.

Jadi, aspek pertama yang perlu anda bina adalah kebugaran dengan melakukan sejumlah latihan kebugaran. Masuklah ke dalam sesi latihan dan olahraga permainan jika anda sudah memiliki standar tertentu soal kebugaran. Meski demikian, metode ini termasuk membangun fisik dengan lambat, namun menguatkan dasar-dasar fisik pada pelakunya.

Jika anda memiliki dasar kebugaran dan keterampilan dasar olahraga yang baik (berlari, melompat, mengelak), anda akan jadi yang paling siap dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar