Jumat, 01 Maret 2013

Saya Makan Apa ? Saya Ngapain Aja ?


Mau tahu saya kunyah cemilan apa saja dan kebiasaan lainnya yang Insya Allah menyehatkan ? Coba cek di tulisan ini. 

Huahahahahahahha..

CEMILAN::

TEBU – Melatih kekuatan gigi, sekaligus menyikat dengan ampasnya.

; JAHE MERAH – Dibuat jadi wedang.

TOMAT – Dimakan mentah atau di jus. Atau bisa juga di potong-potong kecil, dan diberi gula.

KAYU MANIS + CENGKEH :: Menyegarkan nafas dan melegakan tenggorokan serta paru-paru.

CABE RAWIT – Dimakan mentah, atau dimakan bersama gorengan. “Belum bisa dibilang sakti kalau tak mampu makan cabe rawit. Dan belum bisa dibilang kuat kalau tak mampu mengangkat tubuhnya sendiri. ”

SUSU / JUS JERUK – Pagi, saat sarapan. Tergantung menu sarapan dengan lauk apa. Jika sarapannya daging, jangan minum susu.

PISANG – Potasiumnya baik untuk tubuh.

GULA AREN / GULA MERAH – Gula yang lezat.

MADU :: Diminum atau di campur dengan air dan makanan lain.

BAWANG PUTIH – Bagus untuk memperlancar aliran darah.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SAYA AKAN NGAPAIN AJA ?

-Tafakur (Sujud seperti sujud shalat) sesudah shalat shubuh. Minimal 1 menit. Tujuannya secara medis untuk memaksimalkan volume liter darah yang mengalir ke otak, sehingga otak menjadi lebih aktif dan cepat produktif.

- Minum segelas air putih sebelum sikat gigi, dan bangun atau sebelum tidur di malam hari. Untuk yang sebelum tidur, utamakan air hangat. Minum air sebelum tidur itu mencegah dehidrasi saat tidur, karna saat tidur tubuh juga mengeluarkan cairan berupa keringat dan uap dari hasil kerja oksidasi. Sekaligus untuk melancarkan metabolisme tubuh.

- Menyikat gigi sebelum tidur, menggosokkan jari  ke gigi setelah menyikat gigi untuk menanggalkan sisa-sisa deterjen. Lalu berkumur lagi.

- Berkumur-kumur di pangkal tenggorokan jika pulang dari berpergian jika berpergian di udara luar/di luar ruangan.

- Istinsar dan ikhtinsar; memasukkan air ke dalam hidung, mencapai liang paling dalam, lalu menghembuskannya kembali. 3x. Mencegah flu, membersihkan lender-lendir hidung.

- Puasa sunnah. Seperti mesin kendaraan yang butuh istirahat dan service, tubuh juga membutuhkan waktu untuk rehat dan memulihkan kembali kinerjanya agar kembali segar dan lancar. Selama berbulan-bulan, pankreas dan hati tidak berhenti bekerja karena kita juga tidak berhenti MAKAN! Jadi, puasa adalah jam-jam dimana tubuh, terutama organ dalam seperti pankreas, hati, beristirahat sambil mengeluarkan racun dengan gejala menggigil, bibir kering, tubuh ber uap, dan mata berkunang-kunang.

- Tidur siang. 1 – 2 jam. Fungsinya sama seperti charging baterai hp. Mengisi kembali tenaga, dan memulihkan kebugaran setelah lelah dan tegang bekerja dari pagi hingga siang. Kegiatan ini juga menunda penuaan sekaligus memanjangkan umur.

-  Duduk kena sinar matahari langsung di pagi hari minimal 20 menit. Ada sensasi aneh tapi nikmat yang jarang kita rasakan selama ini. Kesan  hangat itu membantu jiwa kita untuk bangun dan lebih ‘terbakar’ untuk menghadapi kegiatan di hari ini. Sekalian membantu tubuh untuk mendapatkan pengolahan vitamin D yang optimal.

- Jogging / lari-lari waktu pagi hari dan sore hari. Sediakan waktu berolahraga minimal 2 jam / perminggu. ‘guk guk’ aja rajin jogging kalo sore-sore, kenape kite enggak ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar