Sabtu, 16 Maret 2013

Lesson from :: FernandaO+


PELAJARAN PERTAMA ::

RECOVERY           : Adalah masa atau aktivitas yang mendukung pemulihan suatu cedera.

PENGOBATAN, OPERASI, PENYEMBUHAN : Proses mengobati penyakit atau cedera yang menimpa pasien, dengan menangani langsung di dank e lokasi cedera atau penyakit.

Jadi, recovery bukanlah pengobatan, tapi masa atau proses pemulihan dari suatu cedera untuk kembali mencapai kebugaran normal. Aktivitas yang mendukung pemulihan itu antara lain istirahat atau tidur, mengontrol asupan makanan, pemijatan, kompres, dan lain sebagainya.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Olahraga itu dibagi 2 :

Pertama, untuk kebugaran. Yang kedua untuk latihan.
Olahraga untuk kebugaran adalah aktivitas fisik atau olahraga yang tidak menggunakan beban, karena tidak bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik. Melainkan hanya menjaga standar kemampuan fisik. Misalnya, jika kemampuan fisik anda adalah jogging sejauh 1 km dan itu sudah berpengaruh terhadap metabolisme tubuh seperti keringat, itu sudah cukup untuk menjaga kebugaran. Anda tidak perlu berlari lebih dari 1 km. olahraga ini hanya membutuhkan aktivitas fisik yang memancing reaksi metabolisme eksternal lebih sering. Berolahraga lah minimal 2 jam / minggu.

Namun, jika itu olahraga yang bersifat latihan, artinya anda bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik. Untuk meningkatkan kemampuan fisik, harus ada beban. Anda tidak mungkin akan bertambah pintar jika sepanjang hidup hanya mengerjakan soal-soal matematika kelas 1 SD, bukan ?

Latihan seperti ini adalah dengan melawan batas kemampuan tubuh tanpa batasan tertentu. misalkan, anda hanya mampu melakukan push up dan sit up sebanyak masing-masing 10 x. jika ingin meningkatkan kemampuan fisik, anda harus melakukan push up dan sit up tersebut lebih dari 10 x. misalkan menambah beban latihannya dengan melakukan keduanya sebanyak masing-masing 20 x push up, dan 20 x sit up.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tubuh sejujurnya membutuhkan tidur yang berkualitas, bukan waktu tidur yang lama. Untuk aktivitas sehat bukan olahragawan, batas kemampuan tubuh membutuhkan tidur minimal adalah 4 – 4,5 jam. Di bawah 4 jam, tubuh akan mengalami kerusakan dan pelemahan.

Jika anda melihat atlet tidur malam 7 -9 jam perhari, jangan anda samakan dengan aktivitas dan untuk diri anda. Jika anda atlet, maka anda baru ber-hak untuk mendapatkan tidur seperti itu.

Semuanya tergantung kegiatan sehari-hari. Jika anda orang kantoran yang seharian dari pagi sampai petang hanya duduk di kantor, anda tidak membutuhkan tidur selama itu. hanya hanya membutuhkan tidur berkualitas. Memang, kemampuan masing-masing individu mencapai kedalaman tidur nyenyak itu berbeda-beda. Ada yang baru tertidur nyenyak setelah memejamkan mata selama 1 jam, atau malah ada yang baru memicingkan mata 5 menit sudah tertidur. Untuk orang seperti itu, tidur 5 -6 permalam itu sudah cukup dan sehat.

Tidurlah sesuai porsinya. Akan lain ceritanya jika anda adalah petani yang aktivitas fisiknya menguras tenaga seperti mencangkul dari pagi hingga siang. Akan membutuhkan waktu tidur malam lebih banyak. Jangan membiasakan begadang atau tidak tidur semalaman, atau hanya tidur dibawah 4 jam dalam semalam. Itu justru akan mengubah siklus tidur anda dan membahayakan tubuh anda sendiri.

Tidur malam hari penting karena saat itulah tubuh beristirahat dan bagian tubuh tertentu beristirahat total karena tidak ada ransangan sinar matahari. Pada malam harilah tubuh melakukan proses penyembuhan cedera, perbaikan sel-sel yang rusak, menghasilkan hormone tertentu yang mana hormone itu tidak bisa berproduksi jika ada cahaya.

Perubahan jam biologis tidur seperti ini tentu akan mengganggu aktivitas normal anda. Disaat orang bekerja, anda malam lemas. Tidur malam hari selain istirahat juga berguna untuk men-charging atau mengisi ulang energy anda. Pengoptimalan proses penyembuhan. Sedangkan tidur siang hanya berfungsi untuk pengisian energy ulang.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Haruskah kita mengkonsumsi buah yang banyak setiap hari, ditambah jamu dan suplemen lainnya untuk mendapatkan kebugaran dan manfaat kesehatannya ? Jawabannya tidak! Tubuh ini seperti kendaraan bermotor. Tabung tangki bahan bakar memiliki kapasitas yang sudah ditentukan. Jika kapasitas tangki dan kebutuhan mesin akan bahan bakar hanya sebanyak 3 liter, bagaimana jadinya jika tangki malah diisi dengan bahan bakar sebanyak 10 liter ?

Tentu 7 liter sisanya akan terbuang sia-sia. Demikian juga dengan tubuh. Tubuh kita hanya membutuhkan vitamin dan  beberapa suplemen sekian milligram. Akan percuma jika memasukkannya 1000 gram kalau yang dibutuhkan hanya dibawah itu. konsumsilah buah-buahan dengan tidak berlebihan, sayur-sayuran, suplemen dan jamu secara tidak  berlebihan, kalau tidak mau bermasalah dengan pencernaan, fungsi lambung, dan  kerja liver serta pankreas.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2 komentar:

  1. Kalau ada referensinya, sebaiknya dicantumkan di akhir tulisan, untuk menghindari plagiarisme.

    BalasHapus
  2. 90% Murni hasil percobaan dari hasil pengembangan analisa sendiri yang berasal dari pelajaran biologi dan materi olahraga tingkat SMP dan SMA. 10% nya lagi dari forum tanya jawab dengan salah satu fisioterapis. Terimakasih usulannya :D

    BalasHapus