Kamis, 28 Maret 2013

Melesat Lebih Kencang


Dalam banyak kasus, ditemukan bahwa orang-orang cenderung membangun kekuatan fisik dengan cara yang sedikit keliru. Untuk meningkatkan stamina, mereka lebih suka mengkonsumsi suplemen dan minuman berenergi dalam kadar konsumsi yang ekstrim. Terutama suplemen berbahan kimia.

Dalam satu kali waktu, mereka juga menelan kapsul-kapsul vitamin, meminum jamu, memakan buah-buahan segar secara sekaligus. Secara biologis liver akan bekerja sangat keras baik mengolah bahan alami dan bahan-bahan kimia.

Sebenarnya, untuk membentuk kemampuan fisik yang baik dengan cara yang aman, sangat mudah dan sederhana. Ada aspek-aspek seperti kebiasaan sehat, mengkonsumsi buah dan sayuran segar, latihan fisik, dan mengkonsumsi vitamin dalam dosis aman.

Oke ! sebagai atlet atau orang biasa yang ingin memiliki kemampuan fisik yang oke, anda harus mengesampingkan “SUPLEMEN” yang tidak alami.

Kebugaran dan kualitas fisikal itu didapat dengan melibatkan banyak hal. Pertama adalah kebiasaan hidup sehat. Anda tentu akan sulit berkonsentrasi saat berolahraga dan cepat kelelahan jika terbiasa begadang malam hari. Belum lagi jika punya kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya.

Anda harus bisa menjaga diri soal kebiasaan makan, dan siklus tidur. Dengan minuman berenergi atau suplemen yang banyak di jual di pasaran, fisik anda memang akan terbantu untuk naik. Namun, sifat dari suplemen seperti itu adalah adiktif atau mengakibatkan kecanduan. Selain itu mengakibatkan gangguan liver dan ginjal, serta pemaksaan kerja otot dengan memanipulasi syaraf. Persis seperti para pemakai narkoba. Dalam dosis tinggi, penggunaan marijuana dapat menimbulkan halusinasi. 

Ia memanipulasi atau menciptakan gambaran semu. Anda sanggup berlari lebih lama. Syaraf mengabaikan rasa lelah, sakit, dan pegal. Sehingga tubuh anda persis seperti mesin mobil yang rusak akibat dipacu terus-terusan dalam kecepatan tinggi.

Kedua, fisik anda dipengaruhi oleh apa yang anda makan. Memakan makanan yang sehat dan natural akan membentuk fisik yang baik. Kuncinya adalah tidak berlebihan dan tahu kapan harus memakan makanan tertentu serta apa yang tidak boleh dimakan secara bersamaan. Sekarang, coba anda sebut kan, berapa buah pisang yang anda makan dalam sehari semalam ?

Pada kenyataannya ; tubuh hanya membutuhkan beberapa milligram vitamin saja. Membutuhkan mineral, glukosa, protein, dan zat lainnya dalam takaran yang tidak banyak. Jika seandainya anda mengkonsumsi semuanya sekaligus, itu artinya ada ratusan bahkan ribuah gram zat tidak terpakai. Itu justru memperberat kerja liver.

Jika anda memakan pisang satu sisir sehari, kadar potassium yang dibutuhkan otot dan karbohidrat kompleks yang dibutuhkan tubuh tetaplah sama. Memakan satu buah pisang, dan memakan satu sisir pisang tidak  akan menambah kadar potassium didalam tubuh anda. Analoginya, jika perut anda punya wadah untuk menampung pisang sebanyak 5 buah, lalu anda memasukkan 20 buah pisang ke dalamnya, tentu 15 pisang lainnya tidak muat dimasukkan ke dalam wadah dan meluber keluar wadah.

Demikian juga dengan jamu, vitamin dalam bentuk pil, dan makanan-makanan lainnya. Kuncinya adalah konsumsi makanan yang anda butuhkan sesuai pula dengan apa yang dibutuhkan tubuh. Tubuh anda membutuhkan glukosa hanya sekian persen, namun anda memasukkan glukosa dalam jumlah diatas kebutuhan tubuh. Efeknya, glukosa akan menumpuk dan tidak pecah menjadi energi. Seperti lemak yang tidak dibutuhkan otot, akan menjadi bertumpuk dan menimbulkan kegemukan.

Ketiga adalah latihan fisik. Anda mungkin punya energi untuk berlari sejauh 10 km dalam waktu 30 menit. Tetapi otot yang tidak terlalu akan menghakimi anda bahwa anda tidak mampu melakukannya. Memiliki banyak energi, namun otot tidak terlatih, nilainya adalah 10 %.

Anda memiliki energi yang cukup untuk bermain sepakbola 2 babak. Tetapi tidak memiliki otot kaki yang terlatih untuk sanggup berlari, menendang, melompat, dan menanduk bola dengan baik. Latihan fisik akan menaikkan kemampuan otot kaki anda sehingga bisa bermain sepakbola dengan baik. 

Terbiasa push up, jogging, senam, dan olahraga lainnya akan membuat nilai 10% anda sebelumnya menjadi 60%. Bagaimana pun juga, otot yang terlatih akan mampu memanfaatkan energi yang berlimpah untuk dibakar semaksimal mungkin. 

Jadi, jangan pernah berharap punya kemampuan fisik seperti para atlet tanpa melibatkan 3 aspek tersebut. KEBIASAAN SEHAT >> MAKANAN BERGIZI>> LATIHAN FISIK YANG  RUTIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar