Jumat, 30 Juli 2010

salah satu kebanggaan sebagai anak laki-laki adalah saat ia sudah bisa bekerja menghasilkan uang baik untuk dirinya sendiri atau pun diberikannya pada orang tua. demikian juga dengan saya yang tepat hari ini, jum'at dibulan Juli, menerima gaji pertama setelah lebih kurang 3 minggu 3 hari bekerja.

ceritanya nih, saya lagi tidur pagi abis pulang dari kerja jam setengah delapan kurang dikit. terus temen kerja saya, dateng kerumah. dia ngabarin kalo saya udah bisa ambil gaji. karena sebelumnya, saya nggak bisa ambil karena SK (surat kerja) belum kelar.

denger berita kayak begini, siapa yang nggak senang !?? soalnya saya sempat merutuk-rutuk juga masalah gaji. maklum, ibu saya udah nggak kerja kantoran lagi kayak dulu. jadi saya berharap banget cepet gajian supaya bisa bantu emak saya ini.

jam 10 pagi, saya udah dandan rapi dan lansung melesat menuju kantor buat ngambil itu uang gajian. sewaktu mau nandatangani kwitansi uang gajian, tanda tangan saya dikomentari ama KABAG keuangan kantor ini.

"Weehh.. tanda tangannya miring kayak tanda tangan pejabat nih.."

saya kurang paham juga, dia becanda apa serius. Insya Allah saya bisa jadi orang besar sesuai dengan karakter tanda tangan saya (baca: jadi pejabat). abis tanda-tangan. saya dikasih satu amplop putih. lansung saya lipat dan simpan didalam saku.

tipis yah ??? saya bertanya-tanya dalam hati. "Beneran satu juga apa nggak yahh?? kok tipis amat..???"
dan akhirnya mulai deh saya mikir macam-macam. mikir ini gajinya dikurangi lah. mikir uang nya diganti kertas lah. dan laen-laen.

sesampai dirumah. Nenek saya lagi jemur kain. saya lansung aja masuk kamar dan buka tuh amplop. SUBHANALLAAH...! Ternyata emang satu juta dengan pecahan 100 riburupiah. lansung dah saya bagi-bagi. ini buat tabungan usaha. ini buat emak. ini buat uang kuliah ntar (jangan tanya saya kenapa bisa kuliah). ini buat jajan saya. dan ini buat keperluan lainnya. alhasil duit yang sejuta lebih 20 ribu itu udah pecah kemana-mana.

tentang pekerjaan saya, nggak muluk-muluk amat. saya cuma tukang jaga malam kantor dinas pemerintahan kabupaten. kerjanya emang ga rumit. cuma naik-turunin bendera tiap pagi dan sore. trus ngidupin lampu untuk malam hari, dan tidur sebagai "penunggu" dikantor. hahhaa..

tapi waktu yang dipakai untuk pekerjaan ini memang banyak menyita kebebasan saya. misalkan, saya harus rela di panggil kekantor kalo diperlukan padahal sedang ngerjain hal yang penting, atau menunggui orang yang sedang lembur padahal mata udah berat pingin tidur. tapi ALHAMDULILLAAH semuanya bisa saya lewati.

satu ketakutan saya kalo kerja disini. yakni bangun pagi telat ! hahahha

saya pernah sekali bangun telat. bangunnya hampir jam 7 pagi ! untung waktu itu hari senin. jadi orang-orang kantor belum datang karena mereka lansung pergi ke lapangan utama untuk upacara bendera senin.

gaji yang saya terima bisa dibilang lumayan besar untuk pekerjaan seringan ini. yakni Rp. 1.000.000 + lebih 20 ribu perak. cukup dah untuk bujangan seperti saya yang tinggal ama ibu. ditambah lagi saya juga mengolah kebun sendiri, tetapi hasilnya belum dijual padahal udah numpuk.

sebagai anak, saya merasa bangga dengan apa yang sudah saya rasakan saat ini. walau pun cuma kerjaan rendahan kata orang banyak, bagi saya ini tetap pekerjaan yang sama dengan pekerjaan lainnya. toh masih mending saya yang sudah bekerja walau pekerjaan biasa, daripada pemuda-pemuda yang sukanya jalan-jalan sore ama cewek, ga punya kerjaan uang jajan pun masih minta ama mama. setidaknya untuk jajan saya nggak perlu minta atau nadah tangan lagi ama ibu kalo terdesak.

untuk temen-temen semua, janganlah kamu bangga dengan motor gede yang mewah kamu kendarai. atau ama baju keren kamu. atau juga dandanan kamu.. kalo semua itu dapetnya minta atau dikasih ama orang tua. karena hanya anak-anak yang belum bisa menghidupi kehidupan mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar