Kamis, 12 Agustus 2010

HIKMAH 1

Ini adalah renungan. beberapa kisah akan Insya Allah memberikan anda pencerahan.

1. Suatu waktu, Habib Pekalongan memberikan pengajian sederhana yang besar hikmahnya. Ia bercerita tentang Do'a sebelum dan sesudah makan. Tahukah anda kenapa do'a ini diajarkan Rasulullah dan beliau amat menguatkannya ..?

ternyata banyak hikmah yang ada didalam do'a ini. ...! Selain sebagai wujud syukur dan kerendahan kita sebelum menikmati hidangan, do'a ini juga menjadi jembatan amalan yang sangat panjang.

jika kamu mulai makan nasi dengan membaca do'a ini, maka kamu akan mendapat keberkahan dan amal baik karena do'a itu. kemudian do'a itu juga menyampaikan rasa syukur kita tadi (melalui do'a) kepada orang yang mengantarkan sepiring nasi itu pada kita, artinya Mama yang nganterin kita sepiring nasi dapat pahala dari do'a makan yang kita baca ! do'a itu juga nganterin pahala kepada mereka yang masak nasinya, yang angkut berasnya, yang jualan berasnya, dan sampailah kepada petani yang menanamnya. bayangkan.. satu orang yang baca do'a, jutaan orang yang nerima pahala dari do'a itu.

kenapa kayak begitu ? Karena do'a yang kita baca adalah lambang syukur atas nikmat makanan yang kita santap, dan ALLAH memberikan pahala pada mereka yang bersyukur. kita bersyukur karena ada nasi tadi, dan nasi sampai kepada kita karena petani, tukang angkut beras, penjual, tukang masak nasi, dan MAma kita. berarti kita jadi orang bersyukur karena mereka-mereka itu. dan mereka juga berhak mendapat bagian dari pahala itu karena mmbuat kita jadi orang yang bersyukur..

jadi, jangan malas buat baca do'a sebelum makan yah... (PESAN HABIB PEKALONGAN).


2. Ada perkataan : Belanjakanlah hartamu dijalan yang baik.

jika KAMU MEMBELANJAKAN HARTA MU KEPADA PEDAGANG YANG DAGANGAN SANGAT LAKU, MAKA IA SEMAKIN BERTAMBAH KAYA DAN MAKMUR. SEDANGKAN PEDAGANG YANG DAGANGANNYA TIDAK LAKU, MEREKA SEMAKIN MISKIN DAN BISA-BISA MENGUMPAT KEPADA ALLAH KARENA DAGANGAN MEREKA TIDAK LARIS.

MAKA DRI ITU, SESEKALI BELANJAKAN HARTAMU PADA MEREKA YANG KIOS-KIOS JUALANNYA SEPI. SELAMATKAN MEREKA AGAR TIDAK KUFUR KARENA FAKIR DENGAN MEMBELI DAGANGAN MEREKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar