Jumat, 19 Oktober 2012

Persiapan Sebelum Perjalanan Jauh

Apa yang saya tulis mungkin lebih mengarah kepada penekanan "harus" untuk sebuah persiapan saat melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Yah, tak dapat dielakkan, bahwa sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang laris di pasaran saat ini. Selain karena harga dan sistem pembeliannya yang lumayan murah dan gampang, sepeda motor secara fungsi sangat fleksibel untuk dibawa berkendara.

Lincah, irit dalam urusan bahan bakar, mudah menembus medan yang sempit dan kecil, walau kekurangannya terletak pada daya tampung penumpang atau muatan dan atap! Hehe.

Saya yakin bahwa banyak diantara kita yang menggunakan sepeda motor untuk melakukan perjalanan lintas daerah. Mungkin untuk keperluan dinas, keperluan pribadi, atau menemui sanak saudara. Tapi, sudahkah kita mempersiapkan perjalanan dengan sepeda motor itu sebaik dan seaman mungkin ?

Memang tidak ada jaminan bahwa kita akan aman-aman saja dari gangguan sepanjang perjalanan. Coba anda bayangkan jika saja sepeda motor yang anda kendarai mogok di tengah hutan saat sudah malam hari. Sedangkan tempat tujuan dan rumah anda masih sangat jauh sekali. Atau ban nya yang bocor. Wah! Perjalanan anda bisa kacau kalau begini. Dan hal yang bisa kita lakukan adalah melakukan persiapan untuk meminimalisir kejadian seperti itu. 

1. Service Sepeda Motor Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh.
Ini penting. Mekanik di bengkel akan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Katakan saja bahwa anda akan menggunakan sepeda motor itu untuk perjalanan jauh. Biasanya mereka akan melakukan pengecekan dengan lebih intens. Dan jika ada yang salah atau tidak baik, lekas mereka perbaiki. Atau akan merekomendasikan anda untuk tidak menggunakan kendaraan ini jika dinilai kurang fit.
Konsultasi seperti ini penting. Periksa businya, karburatornya, rantai kendaraan, atau rem dan lampu. Beserta accu. Jangan segan-segan untuk bertanya dan meminta saran kepada mereka. Dengan demikian, anda akan punya bekal sepeda motor yang sehat saat memulai perjalanan jauh.

2. Membawa Perlengkapan Montir Yang Penting Di Bagasi.
Sepeda motor di zaman sekarang sudah punya teknologi seperti itu. Bagasi di bawah jok sudah lumrah di mana-mana. Dan rata-rata, bagasi dapat menampung beban maksimal seberat  5 kg. Isilah bagasi anda dengan perlengkapan yang penting seperti kunci-kunci pembuka baut, tang, obeng, dll. Termasuk jas atau mantel hujan.

3. Kuasai Keterampilan Menambal Ban & Montir Semampu Anda Menguasainya.
Ini bagian yang amat penting setelah nomor 1, dan yang paling saya sarankan sekali. Menguasai keterampilan montir bukanlah hal yang sulit, khususnya untuk sepeda motor. Kerusakan kerusakan standar pada sepeda motor saat berkendara dalam perjalanan jauh biasanya tidak ribet. Seperti mesin panas, busi mandek, dll.
Kecuali anda mengalami tabrakan parah. Kerusakannya tidak mungkin bisa anda perbaiki dengan alat yang seadanya.Itulah gunanya anda memeriksakan kendaraan sekaligus men-service nya sebelum melakukan perjalanan jauh. Untuk meminimalisir gangguan dan kerusakan selama perjalanan. Jika sudah melakuakan tahapan ini, kerusakan yang timbul biasanya justru karena tingkah kita selama di jalanan.

Khusus untuk kasus yang paling sering terjadi adalah ban bocor atau kempis. Saat ini sudah ada tube untuk menambal ban yang bocor seperti plester. Hanya perlu di amplas atau digosok dengan kikir, lalu di tempel dan dipukul-pukul sampai lengket. kemudian diberi air untuk melepaskan kertasnya.

Jika kerusakan yang ditimbulkan terlalu lebar, atau tepat dibagian pentin, lebih baik benennya diganti atau dibawa ke  tukang tambal ban. Tapi kalau saja itu terjadi di lingkungan sepi dan masih jauh dari pemukiman, mau tidak mau anda harus membawa ban dalam cadangan beserta kunci-kunci yang penting untuk membuka ban. Kuasailah keterampilan ini dengan baik. Harus!

4. Berkendara Dengan Aman & Tertib.
Ini hal yang paling sering diabaikan pengemudi manapun. Termasuk supir atau pengendara profesional sekalipun. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana seorang pengendara membawa sepeda motornya dengan kebut-kebutan tanpa melihat situasi. Masuk jurang, menabrak kendaraan lain, bukanlah hal yang menyenangkan untuk dicicipi.
Cedera dan kecelakaan yang menimpa anda seperti itu jelas akan merepotkan anda. Bagaimana bila seandainya anda masuk parit karena kebut-kebutan di tempat yang tidak ada manusianya ?
Berkendaralah dengan aman. Biar lambat asal selamat  bukanlah isapan jempol. Jika ingin berkendara dengan kencang, lihatlah situasinya. Apakah pemukiman penduduk, pasar, atau jalannya berlubang-lubang, atau kelokannya tajam-tajam, lalu apakah jalanan licin. Melajulah disaat yang tepat. Buru-buru hanya akan membuat peluang umur anda memendek semakin tinggi.

Kenakan pakaian yang aman. Bercelana panjang tebal, sarung tangan, jaket, helm standar. Lampu ren dan sen yang menyala dengan baik. Lalu lampu depan. Pakailah pelindung rantai kendaraan agar tidak ada benda-benda berbahaya yang merusaknya. Anda bisa jungkir balik dan tertimpa masalah besar jika rantai sepeda motor putus atau tersangkut sesuatu.

Anda tidak sedang balapan dan tidak akan mendapatkan hadiah atau asuransi yang sebanding saat celaka. Jadi, apa yang anda kejar dengan buru-buru jika bisa mengatur waktu dan mengatur janji, serta menenangkan diri saat berurusan mendadak ?

5. Periksa Kelengkapan Berkendara.
Cek Helm apakah masih bagus dan tebal busanya. Jaket tebal, sarung tangan (baik untuk berkendara atau bekerja), celana panjang. Lalu lampu depan, lampu rem, lampu sen, kaca spion. Lalu kunci-kunci dan perlengkapan montir, ban dalam cadangan, pompa angin portable, busi cadangan, jas atau mantel hujan. Jangan lupa juga dengan SIM dan STNK kendaraan anda ya!
Untuk urusan teknis, kita tidak perlu lagi membahasnya. Bukan kah anda sudah memeriksakannya ke bengkel terpecaya ?

Nah, perhatikanlah 5 hal penting ini. Saya lebih condong kepada kehati-hatian dalam berkendara, dan penguasaan keterampilan montir serta kelengkapan dalam berkendara. Dengan demikian, ada rasa aman dan tentram saat berkendara.

Seburu-buru apapun anda, tetaplah mengemudi dengan tenang dan tertib. Keselamatan adalah segalanya. Jika anda tidak bisa melengkapi 5 hal ini, NAIK KENDARAAN UMUM SAJA KALAU BEGITU!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar