Rabu, 30 Maret 2011

Trip Dari Tanah Inggris [Fernanda Jibril]

[1.] Bergeraklah secara menyilang dengan tempo teratur dan sesekali kacaukan tempo. Terutama saat berada di kotak penalty. Sedikit sentuhan dengan bola. Dan sebisa mungkin lakukan tembakan premature dengan sudut yang berlawanan dengan tubuh. Tujuan dari gerakan menyilang adalah mengukur dan membuat skala imajiner dalam fikiran kita, tentang “jika saya berdiri disini, maka sekuat apa dan kearah mana tendangan akan saya lancarkan..” itulah gunanya sering bergerak di dalam kotak pinalti secara menyilang. Striker Britania yang menggunakan teknik ini antara lain Jermain Defoe, Wayne Rooney, Michael Owen, dan pemain didikan akademi klub asal Inggris.



[2.] Berlari kesatu arah, kemudian melepaskan umpan menyilang kearah kebalikan dari arah lari dengan mencongkel bola, menggunakan tendangan chip. Ini operan penuh tipu yang ampuh. Apa lagi dilakukan dengan pergerakan yang cepat. Tubuh sebaiknya tidak diputar, karena jika tubuh ikut memutar, itu bukan tipuan namanya. Latihlah kelenturan sendi dan otot untuk melakukan teknik ini. Untuk lebih jelas, lihat gambar dibawah. Pemain nomor 8 bergerak menyilang dengan tubuh condong kekanan, namun dalam satu kali hentakan dia mengumpan kea rah sebaliknya dari arah tubuh. Dan pemain nomor 22 mengejar umpan tersebut. Ini adalah hal yang biasa di tim Barcelona. Diantaranya yang menggunakan trik ini adalah Nasri, Arshavin, Xavi, Messi.





[3.] Pusar adalah pusat focus keseimbangan tubuh atas dan bawah manusia. Jadi, kemana arah pusar dihadapkan, maka kesanalah arah pemain berlari jika ia ingin menipu kita. Dengan mengetahui rute larinya, kita bisa menekan dan menutup ruang itu sebelum ia benar-benar pergi kearah yang ingin dituju. Namun biasanya, pemain pro punya trik dan penuh tipuan untuk mengakali defender yang menggunakan teknik ini. Messi, Iniesta, Villa, Fabregas, Nasri, adalah beberapa diantara pemain pro yang punya trik khusus untuk menguasai keadaan yang demikian. Sehingga alur lari mereka tidak bisa ditebak dengan jelas oleh pemain bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar