Selasa, 12 Juli 2011

Editing untuk membuat tulisan bersinar seperti ini ?


Untuk membuat efek seperti pada tulisan ALERT, 2/10.2011, THE SUPERGIRL’S, BIRTHDAY, adalah dengan cara berikut :
1. Gunakan software Photoscape versi 4.5. sebelumnya buatlah layar/gambar berukuran bebas berwarna hitam polos. Kemudian, pada layar tersebut ketik kata-kata yang ingin di edit seperti tulisan diatas. Pilihlah font atau bentuk huruf model MONGOLIAN BAITI. Kemudian : jika anda ingin mengetiknya dengan kata “BAHAYA”, buatlah kata “BAHAYA” sebanyak dua jumlahnya. Jika sudah dua, samakan ukurannya. Dan yang terakhir tempel kedua kalimat tadi. Namun bukan bertumpuk sama rata, melainkan sisakan ruang sedikit saja seperti ini. Lihat gambar dibawah. Akan lebih baik jika tiap satu huruf diberi satu spasi untuk melapangkan dan membuat efeknya tidak merusak gambar. Seperti pada gambar 1c.


2. Setelah itu, berikan efek bloom dengan tingkat “Bright Mode”. Default kan settingannya. Berikan efek bloom “Deep Mode” setelah itu, kemudian “Bright Mode” kembali. Jadi dari 3 kali pemberian efek bloom, dua kali dengan “Bright Mode” dan satu kali dengan “Deep Mode”. Jika masih kurang terang atau kurang bagus, boleh ditambah kan lagi dengan Bright Mode, asal di tutup dengan Deep Mode kembali.


Sedangkan untuk efek seperti pada kotak neon yang bertuliskan “With the beautiful eyes”. Cara untuk membuat efek neon tetap sama seperti cara untuk membuat berkilau seperti sebelumnya. Hanya saja, disini Cuma satu kali “Deep Mode”, yakni diakhir. Dan Bright Mode dilakukan 5-7 kali.
Untuk tulisan neon berwarna hijau (Have a nice day, dll). Sama seperti sebelumnya. Namun yang penting disini adalah warna hurufnya. Berikan warna hijau terang agak kekuning-kuningan terlebih dahulu. Kemudian berikan efek bloom “Bright Mode” berkali-kali, sampai warnanya berbias seperti di gambar tersebut. Setelah cukup, tutup dengan “Deep Mode”. Untuk “Bright Mode”nya bisa 10-13 kali.

Efek tulisan seperti ini saya namakan, Efek Neon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar